Senin, 12 Januari 2015

Benteng Spellwijk Banten

Benteng Spellwijk dibangun oleh arsitek Belanda yang bernama Hendrick Lucasz Cardeel pada tahun 1684-1685. Benteng ini merupakan reruntuhan dari benteng Kesultanan Banten yang telah dihancurkan, yang kemudian dibangun kembali oleh Belanda.
Sekarang, benteng ini hanya tinggal reruntuhannya. Sisa-sisa bangunan yang masih tampak sebagian besar merupakan bagian-bagian pondasinya saja. Benteng ini dibangun dengan batu kali, batu karang, dan batu bata yang direkatkan menggunakan semen. Bagian bawah bangunan terbuat dari batu cadas atau karang, sedangkan bagian atasnya terbuat dari batu bata.
Di sekeliling benteng terdapat parit-parit sebagai celah pertahanan benteng di bagian luar, kini lebarnya sekitar 4 meter dengan kedalaman yang dangkal. Dahulu, parit pertahanan ini diperkirakan sangat lebar dan dalam, sehingga tidak sembarangan orang dapat mendekati benteng tersebut.
Di dalam lingkungan benteng, terdapat lorong-lorong gelap yang konon dahulu digunakan sebagai tempat tahanan, penyimpanan senjata, dan logistik. Pada bagian atas bangunan inilah meriam-meriam diletakkan sebagai pertahanan utama benteng. Moncong meriam diarahkan langsung ke arah laut (Teluk Banten).



Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar