Sabtu, 10 Januari 2015

Masjid Pecinan Tinggi Banten

Masjid Pecinan Tinggi adalah masjid yang pertama kali dibangun oleh Sultan Hasanuddin. Masjid ini dibangun di sebuah pemukiman Cina pada masa Kesultanan Banten. Sekarang, masjid ini hanya tinggal reruntuhannya saja dengan sisa pondasi bangunan induknya yang terbuat dari batu bata dan batu karang, dan dinding mihrabnya yang membujur arah timur barat.
Di halaman depan sebelah kiri (utara) masjid terdapat sisa bangunan menaranya yang berdenah bujur sangkar. Menara ini terbuat dari batu bata, dengan pondasi dan bagian bawahnya terbuat dari batu karang. Bagian atas menara ini sudah hancur, sehingga wujud secara keseluruhannya sudah tidak nampak lagi.
Tidak jauh dari menara tersebut terdapat sebuah makam Cina. Makam tersebut adalah satu-satunya makam yang terdapat di tempat ini. Di makam tersebut ada tulisan Cina yang masih jelas, yang menjelaskan bahwa yang dikuburkan di tempat itu adalah pasangan suami istri (Tio Mo Sheng + Chou Kong Chian) yang berasal dari desa Yin Shao, dan batu nissan tersebut didirikan pada tahun 1843.



Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar