Selasa, 06 Januari 2015

Gelombang Peradaban Manusia Menurut Alvin Toffler

Pada tahun 1980, Alvin Toffler membagi sejarah peradaban dalam 3 periode waktu yang berbeda yang dia sebut sebagai gelombang. Dalam pandangan Toffler, tiga gelombang peradaban tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Gelombang Pertama
Gelombang pertama berkaitan dengan revolusi pertanian. Suatu periode dalam sejarah peradaban sekitar 8.000 tahun sebelum masehi sampai sekitar tahun 1700-an. Sebelum revolusi pertanian, manusia hidup dalam kelompok kecil, sering berpindah-pindah, kelompok ini mencari makan dengan berburu, mencari ikan dan mencari makanan yang tersedia di alam. Dengan revolusi pertanian, tersedia teknologi dimana orang dapat menetap disatu tempat, yakin akan terpenuhinya kebutuhan makanan sehingga dapat menciptakan apa yang kita sebut sebagai peradaban. Teknologi yang muncul selama periode ini termasuk alat pengungkit, alat penggerek, alat derek dan alat penjepit yang dirancang untuk memperbesar/meningkatkan sumber daya energi terbarukan yang berasal dari tenaga manusia, hewan, angin, matahari dan air.
2.      Gelombang Kedua
Gelombang kedua merujuk pada revolusi industri dan memakan waktu selama periode pembangunan sejak 1700an hingga kini. Di Amerika Serikat, gelombang ini memuncak pada pertengahan 1950an, tapi di banyak belahan dunia lain gelombang ini masih terus berlangsung. Periode ini mengakhiri dominasi peradaban pertanian dan mengawali industrialisasi masyarakat. Teknologi yang diperkenalkan pada gelombang ini umumnya berdasarkan pada mesin elektromekanik yang digerakkan oleh bahan bakar fosil yang tidak terbarukan, menyebabkan perubahan secara luas dalam meningkatkan masyarakat. Contoh-contoh teknologi ini antara lain mesin uap, kendaraan bermotor dan listrik. Keluarga menjadi lebih kecil, beralih pekerjaan dari lahan-lahan pertanian ke pabrik-pabrik, dan pendidikan beralih dari pendidikan di rumah menjadi pendidikan yang terorganisir di dalam kelas.
3.      Gelombang Ketiga
Gelombang ketiga serupa dengan zaman pasca industri, suatu periode yang diawali pada pertengahan atau akhir 1950an dan sekarang sedang dialami oleh negara-negara yang menguasai teknologi tinggi seperti Amerika Serikat, negara-negara Eropa Barat, dan Jepang. Ketersediaan teknologi secara luas seperti komputer, telekomunikasi, robot, dan bioteknik juga telah meninggalkan tanda-tanda pada karakteristik sosial masyarakat. Perubahan mendasar dalam perilaku sosial sekarang dapat dilihat seperti pada pendidikan pemuda serta keberagaman dalam bentuk keluarga.



Referensi:
http://ahlanelfaz.blogspot.com/2014/03/future-shock-alvin-toffler.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar