Kamis, 01 Januari 2015

Mengenal Syafruddin Prawiranegara

Syafruddin Prawiranegara adalah pejuang pada masa kemerdekaan Republik Indonesia. Ia lahir di Serang, Banten, pada tanggal 28 Februari 1911 dan meninggal di Jakarta pada tanggal 15 Februari 1989.
Syafruddin pernah menjabat sebagai Ketua PDRI (Pemerintah Darurat Republik Indonesia) ketika pemerintahan Republik Indonesia di Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda saat Agresi Militer Belanda II pada tanggal 19 Desember 1948. Saat itu, Syafruddin ditugaskan oleh Soekarno dan Hatta untuk membentuk PDRI karena Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta ditangkap dan diasingkan oleh Belanda ke Pulau Bangka.
Atas usaha Pemerintah Darurat Republik Indonesia, Belanda terpaksa berunding dengan Indonesia. Perjanjian Roem-Royen mengakhiri upaya Belanda, dan akhirnya Soekarno dan kawan-kawan dibebaskan dan kembali ke Yogyakarta.
Pada tanggal 13 Juli 1949, diadakan sidang antara PDRI dengan Presiden Sukarno, Wakil Presiden Mohammad Hatta serta sejumlah menteri kedua kabinet. Serah terima pengembalian mandat dari PDRI secara resmi terjadi pada tanggal 14 Juli 1949 di Jakarta.
Dari keterangan yang telah diuraikan di atas, dapat diketahui bahwa Syafruddin Prawiranegara adalah orang yang menggantikan Presiden Soekarno dengan membentuk PDRI (Pemerintah Darurat Republik Indonesia) ketika Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta ditangkap dan diasingkan oleh Belanda ke pulau Bangka. Dengan kata lain, Syafruddin Prawiranegara pernah menjabat sebagai presiden Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Tetapi, sampai saat ini masyarakat Indonesia banyak yang hanya mengenal Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid atau Gusdur, Megawati Soekarno Putri, dan Susilo Bambang Yudhoyono, serta presiden terpilih 2014 Joko Widodo sebagai presiden di Indonesia. Mereka tidak mengenal Syafruddin Prawiranegara, karena ia tidak pernah dimasukkan ke dalam daftar nama presiden yang pernah memimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Selain itu, di sekolah-sekolah pun banyak anak yang tidak mengetahui bahwa Syafruddin Prawiranegara pernah menjabat sebagai presiden Indonesia. Karena yang mereka dapatkan dari sekolah hanya Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid atau Gusdur, Megawati Soekarno Putri, dan Susilo Bambang Yudhoyono yang pernah menjabat sebagai presiden di Indonesia. Sehingga mereka tidak mengenal Syafruddin Prawiranegara sebagai orang yang pernah memimpin negara ini.


 
Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar