Rabu, 24 Desember 2014

Filosofi Tanaman Padi

Di seberang jalan depan rumahku ada banyak sawah. Kalau sedang musim menanam, sawah-sawah tersebut ramai sekali dengan para petani yang sibuk menanam padi.
Setelah tanaman padi mulai tumbuh, sejuk sekali jika dipandang. Ya, sejuk karena tanaman padi yang hijau dan sangat luas.
Tanaman padi tersebut semakin lama akan semakin tua dan merunduk, karena padi yang telah berisi beras semakin lama akan semakin berat.
Jika dihubungkan dengan seseorang, dapat berarti orang yang semakin tua harusnya akan semakin merunduk. Tua disini maksudnya adalah bukan tua karena usia, tetapi kaya akan pengalaman. Sedangkan semakin merunduk maksudnya merendah, bukan semakin bungkuk.
Filosofi padi dapat digambarkan seseorang yang mempunyai banyak pengalaman, tetapi dia tetap merasa bahwa dia tidak tahu apa-apa meskipun banyak orang disekitarnya yang menilai dia banyak pengalaman. Meskipun orang tersebut mempunyai banyak pengalaman, tetapi dia tetap merendah dengan menganggap dirinya tidak tahu apa-apa.
Pelajaran yang dapat kita petik dari filosofi padi yaitu kita harus selalu berusaha merendah, dengan tidak menganggap bahwa diri kita paling tahu atau paling hebat. Dengan begitu, kita tidak akan mempunyai sikap sombong karena pengalaman-pengalaman yang kita punya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar